Yas Marina's Books

Yas Marina's Books

Minggu, 15 April 2018

Mau Langsing Tapi Doyan Makan, Ini Trik yang Bisa Kamu Terapkan


Mengurangi porsi makan serta menghindari makanan-makanan berlemak adalah salah satu kunci utama untuk bisa melangsingkan tubuh. Namun sayangnya tidak semua orang bisa sukses melakukan langkah tersebut. Terkadang baru saja makan, namun ternyata perut masih terasa lapar dan berakhir kembali makan atau ngemil demi mengatasi rasa lapar. Jika hal ini sering terjadi tentu saja dapat memicu naiknya berat badan sehingga program diet pun bisa menjadi berantakan.

Nah bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan dan tidak ingin terjebak pada situasi tersebut, berikut tips sehat yang bisa kamu coba agar dapat mengendalikan nafsu makan. Paling tidak kamu bisa terselamatkan dari godaan makan banyak.

Memperbanyak Makan Protein
Trik pertama yang bisa kamu lakukan adalah banyak-banyak mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging ikan, telur atau kacang-kacangan. Menurut penelitian, mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membuat mu merasa kenyang lebih lama, selain itu jenis makanan ini juga baik untuk sistem pencernaan sehingga dapat mendukung program diet sehatmu.

Kurangi Konsumsi Kafein
Selain dapat menurunkan kadar gula darah serta dapat memicu Hipoglikemia kafein dan juga bisa rasa lapar. Jadi, dengan mengurangi konsumsi kafein kamu bisa mencegah terjadinya rasa lapar.

Cukup Tidur
Kekurangan tidur bisa membuat mu mudah lapar hal ini dikarenakan adanya produksi ghrelin, yaitu suatu hormon yang mengirimkan sinyal ke otak jika kita lapar. Untuk itu sebaiknya jaga pola tidurmu sebaik mungkin. Jangan biasakan tidur larut malam karena kegagalan saat diet sering kali disebabkan oleh pola tidur yang tidak teratur.

Mengonsumsi Makanan Berserat
Selain mengonsumsi protein, kamu juga wajib memperbanyak konsumsi serat. Makanan berserat tidak hanya membuatmu cepat kenyang, tapi juga mudah dicerna dan dapat mendorong lemak pada usus sehingga mengurangi resiko terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh. Selain itu, makanan berserat bisa membuatmu kenyang dalam waktu yang cukup lama meski sedikit porsi yang kamu santap.

Agar tidak mudah lapar kembali sebaiknya lengkapi menu harian mu dengan santapan berserat baik ketika sarapan, makan siang maupun makan malam. Menu - menu serat bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau dan buah-buahan.

Minum Air Cuka Apel
Trik lainnya yang bisa kamu coba adalah mengonsumsi cuka apel setelah selesai makan. Karena menurut penelitian, cuka apel dapat membuatmu kenyang lebih lama dan mencegahmu kembali lapar. Dengan trik ini kamu juga bisa mengurangi kebiasaan ngemil setelah makan dan bisa memaksimalkan program dietmu.

Menghirup Aroma Cokelat
Cara selanjutnya mungkin sedikit aneh tapi mudah dan ampuh untuk mengusir rasa lapar kembali. Yah, cukup menghirup aroma cokelat setelah selesai makan diketahui dapat menekan rasa lapar untuk kembali datang. Meskipun tidak ada penelitian tertulis mengenai hal ini, namun tidak ada saalahnya untuk dicoba kan?

Banyak Minum Air Putih
Rasa lapar yang sering datang tidak semuanya benar-benar disebabkan oleh keinginan untuk makan, namun bisa juga disebabkan rasa haus. Agar tidak mudah tergoda untuk makan, sebaiknya minumlah air putih secukupnya untuk mengobati rasa lapar dan menghidrasi tubuhmu.

Kamu juga perlu menjaga pola makanmu dengan baik dan benar karena biasanya rasa lapar bisa datang kembali disebabkan oleh pola makan yang kurang baik. Salah satu cara mengatur pola makan yang baik yakni menghindari makan sambil menonton televisi atau tidak mengunyah makanan sebelum ditelan. Kebiasaan buruk tersebut hanya membuatmu kenyang sementara karena tidak benar-benar menikmati makanan sehingga memicu dirimu untuk menambah porsi makan.

Biasakan makan pada waktunya dan nikmati setiap suapan dengan mengunyahnya secara maksimal sehingga kamu benar-benar puas, jangan lupa minum sebelum makan agar cepat kenyang. Bagi kamu yang ingin langsing tapi masih doyan makan itulah trik yang bisa kamu lakukan.

1 komentar:

  1. aduh mba kalau menghirup aroma coklat kayaknya nggak tahan untuk sekalian makanin coklatnya, wkwk.Tapi beberapa poin sudah saya jalankan semoga bb tetap terjaga.

    BalasHapus

Terima kasih atas kunjungan dan komentarnya :)